KEGIATAN KKN Reguler Untag Surabaya Kuatkan Ikon Desa Berbasis Potensi Lokal Semester Genap 2022-2023

Minggu,09 Juli 2023 - 10:06:06 WIB
Dibaca: 87 kali

Senin 03 Juli 2023. Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, J. Subekti mangatakan, patriot menggambarkan seseorang yang mencintai negara, bangsa dan tanah airnya. Jiwa siap berkorban dan pantang menyerah itulah yang juga harus melekat pada diri mahasiswa Untag Surabaya. “Lakukanlah pengabdian dengan membawa jiwa patriot agar kalian bisa dicintai oleh masyarakat,” tutur Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya Bapak J. Subekti. Bapak J. Subekti menambahkan, saat ini masyarakat pedesaan sudah melek teknologi sehingga itu menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan untuk bisa beradaptasi. “Mereka sudah mengenal dunia digital, seluruh informasi bisa diakses melalui media sosial. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk dapat menyesuaikan diri dengan tingkat pengetahuan dan kondisi masyarakat desa,” sambung Bapak J. Subekti lebih lanjut.

Sementara Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho mengapresiasi KKN tahun ini. Menurutnya dari tahun-tahun sebelumnya, KKN Untag Surabaya selalu ditunggu masyarakat. Artinya Untag Surabaya dicintai masyarakat, karena program-programnya yang sesuai dengan kebutuhan desa.

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali menurunkan para Patriot-patriot Merah Putih untuk mengabdikan diri di desa. Pengabdian kali ini dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode Semester Genap Tahun 2022/2023. Tema yang diusung adalah Penguatan Ikon Desa Berbasis Potensi Lokal. Sebanyak 1.124 mahasiswa yang telah digembleng menjadi Patriot Mengabdi dilepas ke 35 desa di 5 kecamatan Kabupaten Mojokerto. Upacara pelepasan itu dilaksanakan di Lapangan Parkir Utara Untag Surabaya,

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Aris Heri Andriawan mengatakan bahwa program kali ini bermaksud membantu desa mampu memberdayakan potensi-potensi desa. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pada program KKN kali ini pihaknya fokus pada Kabupaten Mojokerto.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya