PERESMIAN RUANG KELAS PINTAR UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Jumat,11 Maret 2022 - 18:45:41 WIB
Dibaca: 69 kali

Era digitalisasi yang saat ini terasa dalam kehidupan sehari-hari, kian dibutuhkan diberbagai sektor, terutama pada sektor pendidikan. Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya turut up to date dalam menyampaikan mata kuliah. Jumat lalu, dua ruang kelas yang berada di Gedung Prof. Dr. Roeslan Abdul Gani lantai 4, tepatnya ruang 401 dan 402 menjadi modern dan interaktif. Hal ini ditandai dengan diresmikannya smart class room oleh Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., (4/2). Peralatan yang tersedia untuk smart classroom merupakan hasil dari perolehan hibah PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) afirmasi untuk lima prodi yakni Sastra Inggris, Administrasi Niaga, Teknik Mesin, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan.

Prof. Nugroho, membuka peresmian kelas pintar (smart classroom), dalam sambutannya, Rektor menyampaikan rasa syukur karena Untag Surabaya dapat terus berkembang. “Alhamdulillah, hal ini sangat membanggakan bagi seluruh sivitas akademika Untag Surabaya,” ujarnya. Salah satu guru besar Ilmu Ekonomi itu ingin dengan banyaknya prestasi yang telah diraih oleh Untag Surabaya dapat terus meningkatkan proses dan mutu pembelajaran. “Untag Surabaya harus kuat, jaya. Dengan adanya smart classroom ini menambah semangat dan kekuatan kita, sehingga kita harus terus berupaya memperbaiki proses dan meningkatkan kualitas. Proses itu harus pasti, tidak boleh tidak diperbaiki,” pungkas Rektor Untag Surabaya.

Wakil Rektor I - Harjo Seputro, ST., MT. yang turut hadir memberikan sambutan, Harjo juga melaporkan bahwa hibah PKKM afirmasi ini diperoleh dalam bentuk peralatan elektronik, 2 TV interaktif dan 5 laptop. Menurut Harjo selain dijadikan investasi juga harus ada aktivitas untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta meningkatkan skill dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran interaktif. “Kedepannya Untag Surabaya melalui pendanaan dari Yayasan akan menyiapkan semacam production house, kita tes terlebih dahulu laboratorium yang berada di lantai 10 untuk membuat video pembelajaran. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga akan terus dikembangkan,” tambahnya. Selain itu, Harjo juga berharap antara smart classroomproduction house, dan PJJ harus berkolaborasi.

Smart classroom sudah bisa digunakan mulai Senin, (7/2) dan diutamakan untuk lima prodi yang memperoleh hibah. Hal ini disampaikan oleh Tim Teknis Hibah PKKM Afirmasi - Bagus Setya, ST., MT. “Nanti secara bertahap prodi lain bisa menggunakan ruangan ini,” terangnya. Bagus juga menjelaskan mekanisme cara kerja TV Interaktif atau idea share, Keduanya memiliki sistem android dan windows. Android dapat digunakan untuk white board dan projecting, sedangkan windows untuk mengakses elitag, zoom, dan lain-lain. “Untuk panduan penggunaan TV Interaktif bisa diakses melalui elitag pada forum smart classIdea share ini juga memiliki kekurangan dimana seharusnya masih banyak fitur yang bisa di explore seperti menambahkan aplikasi desain atau editing video,” tutur Bagus.

Smart class room ini menerapkan model kuliah projective, terdapat enam meja yang akan diisi per kelompok dan masing-masing meja disediakan satu laptop. “Mereka bisa mengerjakan project dan dosen bisa monitoring serta mengomentari dari layar, jadi dosen bisa tau progressnya sampai mana. Seharusnya interaksinya bisa lebih banyak daripada kuliah dikelas,” jelas Bagus.

Bagus juga berharap agar dosen bisa memanfaatkan peralatan ini dengan baik sehingga berbagai model pembelajaran dapat diterapkan ke Mahasiswa dan dapat menambah semangat belajar dari Mahasiswa. “Semakin banyak model pembelajaran baru yang membuat mahasiswa senang dan tertarik. Mudah-mudahan kedepannya baik dosen maupun mahasiswa tertarik untuk belajar peralatan IT yang terus berkembang,” tutupnya. (oy/rz/kr)

Sumber : https://www.untag-sby.ac.id/web/beritadetail/untag-surabaya-resmikan-ruang-kelas-pintar.html


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya