Prestasi Untag Surabaya Sabet Peringkat Pertama Penghargaan SINTA Jenjang PTS Jawa Timur tahun 2022

Jumat,16 September 2022 - 14:42:59 WIB
Dibaca: 23 kali

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menuai prestasi sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) rangking pertama dalam SINTA (Science and Technology Index) Tahun 2022. SINTA merupakan bentuk apresiasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi terhadap upaya yang dilakukan kalangan peneliti dan akademisi dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal ilmiah Internasional.

Di tingkat nasional, Untag juga mendapat peringkat nomer 38 di antara PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untag Surabaya, Aris Heri Indriawan mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan pencapaian yg luar biasa. Tentu tak lepas dari usaha dosen serta mahasiswa.  “Kami bangga dengan pencapaian ini, kita harus pertahankan. Ini merupakan betuk kerja keras dan gorong-gorong semua elemen civitas akademika Untag Surabaya,” ucap Aris saat ditemui di kantornya.

 

Beliau juga mengungkapkan bahwa Untag Surabaya mengalami banyak peningkatan dari tahun ke tahun. Khususnya tahun lalu skor penilaian index SINTA masih jauh dibawah. “Dilihat dari tahun lalu, mestinya banyak peningkatan. Pada intinya kegiatan penelitian dan pengabdian ditahun ini mengalami peningkatan. Hal ini menguntungkan pada penilaian skor yang semua diperhitungkan,” tambahnya.

 

Hal senada juga diungkapkan ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, J Subekti. Ditemui di tempat berbeda, Subekti mengungkapkan rasa bangga terhadap Universitas atas kerja keras yang berhasil diraih menuju PTS peringkat pertama SINTA.

 

“Kita bangga atas prestasi ini, karena capaian ini tentu tidak mudah kita dapatkan. Strategi yang dibangun antara Rektor, fakultas dan khususnya para dosen antusias. Dengan demikian kita bisa sampai pada jenjang ini,” ungkap Subekti dengan bangga.

 

Ia menghimbau bahwa dengan tercapainya pretasi ini, civitas akademika diharap mampu mempertahankan prestasi tersebut. Sementara pihak Yayasan akan terus membimbing dan memberi motivasi dan penghargaan kepada  dosen.

 

“Untuk mempertahankan capaian itu, kita memotivasi para dosen berupa penghargaan, baik materi maupun studi lanjutan,” ujarnya. Oleh karenanya, Subekti berharap dengan diraihnya prestasi-prestasi tersebut. Lulusan Universitas 17 Agustus 1945 mampu bersaing dalam dunia kerja kelak. Baik pencipta maupun pekerja yang mumpuni.

 

“Harapan kami adalah, setiap lulusan mampu terserap lapangan kerja hingga menciptakan lapangan kerja. Karena outcome yang diharapkan sebuah Universitas adalah lulusanya,” pungkasnya.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya